Kelebihan Sistem Ekonomi Komando Serta Dampaknya Terhadap Masyarakat dan Negara

Ekonomi komando adalah sistem ekonomi di mana negara atau pemerintah memiliki kendali penuh atas semua kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar domestik. Dengan demikian, dalam sistem ekonomi komando, sumber daya, baik produksi maupun modal, dikuasai oleh negara. Ekonomi komando juga sering disebut sebagai ekonomi terpusat, terkelola, atau sosialis. Negara yang berbeda memiliki sistem ekonomi yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, antara lain faktor budaya, geografi, demografi, jumlah penduduk, dan sistem yang dianut masyarakat. Negara-negara yang secara konsisten memanfaatkan sistem ekonomi komando salah satunya adalah negara Korea Utara, Kuba, Cina, dan Vietnam. Tentu saja sistem ekonomi komando ini juga memiliki kelebihan dibandingkan sistem ekonomi lainnya. Untuk memudahkan pemahaman, berikut manfaat sistem ekonomi komando dan dampaknya bagi masyarakat dan bangsa. Cargo Surabaya Makassar

Mengurangi pengangguran

Pengenalan sistem ekonomi komando juga akan meminimalkan pengangguran di dalam negeri. Hal ini karena pemerintah mengontrol semua elemen produksi dan sumber daya. Misalnya, di Korea Utara, pegawai BUMN adalah warga dalam negeri. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan karena pemerintah menawarkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan milik negara.

Tanggung jawab ekonomi kepada negara

Seperti disebutkan sebelumnya, pemerintah memiliki banyak tanggung jawab untuk perekonomian negara karena memiliki kontrol penuh atas perekonomian. Pemerintah yang mampu berinovasi dalam politik dapat menjaga stabilitas dan menggerakkan perekonomian ke depan. Dalam sistem ini, negara juga bertujuan untuk mengendalikan perekonomian guna mencapai kesejahteraan warganya. Dengan sistem pengelolaan ekonomi yang terjamin terbaik bagi masyarakat

Negara yang menganut sistem ekonomi komando ini menjamin kemakmuran rakyatnya.

Sebagaimana diketahui, sumber daya dan faktor produksi dikuasai oleh pemerintah sehingga dapat menghasilkan produk dan jasa yang dibutuhkan warga dalam negri.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Rencana Bisnis

Keadilan dan kontrol harga yang sederhana

Sistem ekonomi dikendalikan oleh negara, sehingga harga barang dan jasa dapat dengan mudah dikendalikan. Pengusaha dan pihak lain tidak bisa seenaknya menaikkan harga hanya untuk mendapatkan keuntungan. Dengan demikian, harga stabil dan permintaan ekonomi dapat dengan mudah dipenuhi.

Kendalikan inflasi dengan mudah dengan ekonomi komando

Inflasi di negara-negara dengan sistem seperti itu relatif stabil dan mudah dikendalikan. Karena di bawah sistem ini, negara jarang mengalami krisis. Produksi dan distribusi yang tidak terputus juga mempengaruhi nilai mata uang nasional di mata negara lain.

Pasar domestik akan bekerja dengan lancar

Fakta bahwa pemerintah memiliki kekuasaan penuh membuatnya bebas untuk mengatur pasar domestik. Tentu saja, pemerintah yang mendukung sistem ini akan mendengarkan kebutuhan masyarakat dan memproduksi barang untuk dijual di dalam negeri, tetapi tetap mendapat untung. Negara-negara yang telah mengadopsi sistem ini mengimpor sangat sedikit, sehingga pasar komoditas domestik berfungsi dengan lancar.

Beberapa manfaat sistem ekonomi komando dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang sistem ekonomi. Manfaat yang ada tentunya berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan warga negara dan negaranya. Namun perlu diingat bahwa ekonomi komando juga memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Selain berdampak pada warga, sistem ekonomi juga harus berdampak pada perusahaan swasta dalam negeri. Seperti halnya sistem apa pun, perusahaan harus beradaptasi dengan peraturan ekonomi nasional. Seseorang menggunakan teknologi untuk melakukan bisnis dengan lebih efisien.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan sistem ekonomi komando serta dampaknya terhadap masyarakat dan negara. Semoga artikel ini mudah difahami dan juga bermanfaat untuk pembaca. https://padicargosurabaya.com/